Spot Foto di Serang dan Sekitarnya

Hi! Photography spot hunters! Seneng banget gw bisa kembali nulis tentang beberapa tempat spot foto di Serang dan sekitarnya. Walaupun kali ini gak banyak tempat yang gw rekomendasiin, tapi setidaknya bisa memenuhi dahaga kalian yang haus akan spot-spot kece. Hehehe
Bisa dibilang ini adalah sequel dari tulisan yang sebelumnya, yaitu Hunting Tempat Foto di Serang karena trafik kunjungannya lumayan tinggi, jadi serada ada gairah gitu gw buat nulis dengan tema yang (hampir) sama. Oh, iya! Kali ini tidak mengkhususkan hanya daerah Serang, ya. Tapi, Serang dan sekitarnya. Yang penting masih di Banten - Banten juga, kok. Cekidot ...

1. Lagon
Mungkin namanya diambil dari bahasa Inggris, lagoon yang berarti danau. Karena emang tempatnya seperti danau buatan. Berlokasi di Kp. Cisereh Kec. Kragilan (dari perempatan Cisereh terus masuk lurus aja). Di situ, terdapat beberapa lagon yang lumayan luas dan ada di ketinggian. Gak tinggi-tinggi banget, sih. Tapi kalo mau naik ke atas lagonnya itu ya kendaraan gak bisa dibawa, mesti parkir di bawah. Kalo pun maksain bawa (misalnya) motornya ke atas, ya ada juga track-nya, tapi curam. Atau kalo gak mau ambil resiko buat nanjaknya, harus repot sedikit muter-muter masuk ke perkampungan warga.
Lagon ini bukan tempat wisata, karena ini sebenernya milik sebuah perusahaan (pabrik) yang ada di sekitar situ. Jadi, gak ada tiket masuk, gak ada yang jualan juga. Paling ada banyak orang  mancing di situ.

Spot di jalan sekitar Lagonnya kece juga. Bisa buat pre-wedding. Uhuuk..
in frame: Emilda
 Lokasi di bawah lagon.
in frame: Emilda
Ini dia, foto dengan background lagon.
in frame: Emilda
 Jadi, lagon ini nih banyak banget. Kalo foto di atas itu lagon yang paling deket dari jalan utama. Kalo foto yang di bawah ini, lagon di belakangnya lagi. Arah mana, yah? Gw buta arah mata angin. Pokoknya terus aja telusuri jalan ke belakang.
2. Peti Kemas
Masih di sekitar lokasi yang sama, yaitu Kragilan. Tepatnya di samping Polsek Kragilan. Nama PT-nya tuh apa yah, gw lupa. Wakakak Gw rekomendasiin tapi kebanyakan 'lupa'nya. Patokannya Polsek Kragilan aja, sampingan tempatnya. Gw saranin kalo mau ke tempat ini hari Sabtu atau Minggu sore. Karena di hari dan jam segitu, udah sepi aktivitas. Riskan juga kali kalo pas hari kerja, secara ini adalah tempat keluar-masuk kontainer. Jangan lupa minta ijin dulu kalo mau masuk ke pak satpamnya di situ.
in frame: Sofyan
 in frame: Sofyan - Nita
in frame: Sofyan - Nita
in frame: Sofyan - Nita
3. Hutan Mangrove
Gw cantumin hutan mangrove di sini biar banyak aja tempat yang gw tulis. Padahal hutan bakau yang berlokasi di STP (Sekolah Tinggi Perikanan) Banten ini gak 'recommended' banget. Kenapa? Pertama, berdasarkan informasi yang gw denger, tempat ini dulunya terbuka untuk umum. Namun, karena banyaknya pengunjung alay yang menyebabkan rusaknya beberapa komponen ekosistem yang ada di hutan tersebut, maka kini hutan bakau tersebut sangat sulit untuk dikunjungi. Harus melalui proses perijinin terlebih dahulu. Ribet, kan? Kedua, tempat ini tidak bersahabat karena terlalu banyak nyamuk. Ya iyalah, namanya juga hutan. Mana nyamuknya pake behel lagi. Jadi begitu digigit, bentolnya gede banget dan gak bisa ilang dalam waktu seminggu. Serius. Gw gak lebay.
Alasan terakhir kenapa gw bilang tempat ini gak recommended adalah karena gw gak mau jadi tersangka utama oknum penyebab banyaknya pasukan 'dedek-dedek emesh' yang dateng ke sana karena baca blog gw. Hehehe Tapi gw sih yakin pembaca blog ini tangannya gak pada jahil, ya, kan?

in frame: Sinaga
 in frame: Devi
in frame: Sinaga
4. Balong Kosong Banten Lama
Gw gak tau nama tempat ini apaan, karena sewaktu mau menuju ke hutan mangrove (hanya beberapa meter lagi ke Sekolah Tinggi Perikanan), gak sengaja liat 'balong kosong' (empang tapi gak ada airnya_mungkin efek kemarau) di pinggir jalan yang menurut kebanyakan orang bukan tempat yang istimewa. Tapi, karena gw ngeliat dari kacamata fotografi *hazekk*  menurut gw tempat ini punya sisi lain yang bisa dieksplor jadi spot yang captureable.
in frame: Wida Kiwid
in frame: Wida Kiwid
in frame: Sinaga
5. Pulau Kecil dan Pulau Besar
Berlokasi di Merak, Banten. Tepatnya di belakang Polsek Pulo Merak. Untuk nyebrang ke pulau ini harus naik perahu. Sewa perahu pulang-pergi ke Pulau Kecil cuma Rp 10.000 per orang. Dan Rp 15.000 ke Pulau Besar. Cuma beda jarak beberapa meter aja.
Kalo buat foto sih menurut gw lebih bagus di Pulau Kecil, di situ ada karang yang sampe ke atas gitu. Ada banyak kapal juga buat background.
in frame: Dede Nia

6. Batu Lawang
Untuk informasi Batu Lawang, silakan baca artikel lengkapnya di sini.
in frame: Wida Kiwid

7. Palm Hill
Terletak di sebuah komplek perumahan di daerah Cilegon dengan nama Palm Hill. Banyak spot bagus di sini, tapi kenapa pas gw 'obrak-abrik' file di laptop gak ada foto yang merepresentasikan kata 'bagus'nya itu sendiri. Aslinya sih tempat ini mayan bagus, cuma mungkin gw motonya waktu itu kurang fokus aja. Mungkin.
in frame: Sinaga
8. Citra Land Puri
Sama seperti Palm Hill, Citraland Puri ini juga sebuah komplek perumahan yang terletak di Ciracas, Kota Serang. Karena tamannya didesain se-Instagramable mungkin, maka tempat ini selalu rame bukan cuma sama pasukan 'dedek-dedek emesh' aja, tapi juga sama pasukan 'emak-emak' yang gw liat sih kayaknya niat banget ke sini. Wahaha warbiyazaahh ...
in frame: May
in frame: May
in frame: May

in frame: Syifa

Oke, cukup segitu dulu yang bisa gw share, semoga bermanfaat. Selamat berburu. Salam jepret!



3 comments

wiiih.. yg peti kemas, jadi inget film2 laga.. berantem diatas kontainer2, kayaknya bakal banyak yg kesana abis liat postingan ini nie..

Asal jgm berantem beneran aja ya di sananya :D

Tu foto yang pertama sama yang kedua rumputnya hijau hijau banget. Instagramable banget.


Emoticon Emoticon