Budget Backpacker-an ke Jogja


Gue sedang menuju perjalanan pulang dari Jogja ke Jakarta di dalam kereta Bogowonto dengan tujuan akhir Stasiun Pasar Senen. Lama perjalanan memakan waktu kurang lebih delapan jam. Daripada gabut mending bikin konten.

Backpacker-an ke Jogja untuk keempat kalinya (gak bosen apa), di tulisan kali ini gue mau fokus ngomongin budget dan destinasi ke sana ala sobat mizkin backpacker.

Fyi, setiap ada rencana nge-trip gue gak pernah beli tiket kereta/pesawat, booking homestay, dan/atau sewa kendaraan secara mendadak, pasti sudah disiapkan jauh-jauh hari. Jadi, gak berasa berat ngeluarin duitnya Ya Lord. Kayak iseng aja gitu.

Banyak bcd langsung aja.

• Tiket Kereta Ekonomi PP (Pesan 3 Bulan Sebelum Tanggal Keberangkatan)
Rp150.000.
Booking Homestay 3 Hari (Rp50.000 per Hari - Pesan 2 Minggu Sebelum Hari H). Lihat rekomendasinya di sini.
Rp150.000.
• Rental Motor 2 Hari (Rp80.000 per Hari - Pesan 1 Minggu Sebelum Hari H)
Rp160.000.
• Uang Saku (Termasuk untuk Makan, Isi Bensin, Tiket Masuk, Parkir, Jajan, dll.)
Rp540.000.

Total gak lebih dari sejuta, kan?
Semoga abis ini gak ada lagi netisen ghibah kalo gue kebanyakan duit jalan-jalan mele. Ya amin aja, sih, sebenernya. Ha.

Disclaimer: Uang saku setiap orang gak bisa disamakan kebutuhannya. Gue termasuk anggota dari:
Anti Wisata-Wisata Kuliner Klub;
Anti Beli Oleh-oleh Klub.

Dengan budget segitu bisa ke mana aja?
Sekalian gue kasih itinerary-nya, yak. 

Hari ke-1:
• Tiba di Stasiun Lempuyangan sore hari
• Melipir ke Alun-Alun Kidul dan Jalan Malioboro

Hari ke-2:
• Punthuk Setumbu (HTM Rp20.000)
• Gereja Ayam (HTM Rp20.000)
• Bukit Rhema (Gratis)
• Candi Borobudur (HTM Rp40.000)

Hari ke-3:
• Puncak Becici (HTM Rp3.000)
• Kebun Buah Mangunan (HTM Rp5.000)
• Hutan Pinus di kawasan situ banyak banget gue gak hafal nama-namanya bodo amat  (HTM sekitar Rp3.000 - Rp10.000)

Hari ke-4:
• Melipir sebentar ke Malioboro pagi-pagi
• Pulang

Yak! Udah, ya! Makasih udah berkunjung :)


Emoticon Emoticon