Gak Perlu Antri di Loket, Naik KRL Pakai LinkAja

Ilustrasi: Dokumen Pribadi

Sebagai penikmat KRL rasanya aneh aja gitu gue masih ngeliat pemandangan antrian seperti di atas. Padahal zaman sekarang udah dikasih kemudahan pembelian tiket KRL hanya dengan menggunakan uang elektronik semacam Flazz, Brizzi, TapCash, dll., tinggal tap, langsung masuk. Gue sendiri semenjak ada pilihan pembayaran melalui uang elektronik ini ngerasa nyaman banget terutama untuk hal efisiensi waktu yang sebelumnya gue harus membeli tiket harian/mingguan secara manual di loket yang ada di stasiun. Tentunya dengan menghadapi segala problematika macam harus mengantri, berdesakan, belum lagi kalau sampai ketinggalan kereta, jadi harus nunggu jadwal pemberangkatan kereta selanjutnya.

Gue pernah banget ngerasain pas hari Senin ke Stasiun Tanah Abang di pagi buta (sekitar jam 6) itu ternyata manusia se-Jabodetabek kayak tumpah semua di situ. Hahaha atau di Stasiun Bogor sore hari pas menjelang akhir pekan, beugh! Ngeliat antriannya aja gue udah pusing. Gue sampe ngebayangin kalo gue kerja di tempat yang lokasinya mengharuskan setiap hari dalam seminggu, pulang-pergi menggunakan moda transportasi ini bisa stres pas nyampe tempat kerja. 

Cobaan hidup seperti itu akan terasa sedikit lebih ringan kalau kita menggunakan sistem pembayaran uang elektronik. Sumpah, deh. Kayak gue yang cuma sesekali naik KRL aja ngerasa penting banget bawa Flazz. Hemat waktu.

Terlebih, nih, sekarang makin dimudahkan untuk urusan pembelian tiket. Gak perlu ngantri. Tinggal buka aplikasi LinkAja di handphone, shake hp-nya sampe nongol barcode, kalau udah keluar barcode tinggal scan ke gate masuk dan gate keluar yang ada logo LinkAja-nya. Asalkan ada saldonya minimal Rp13.000. Ya! Jadi harus ada saldo minimal ya di aplikasi LinkAja. Kalau lebih banyak saldo lebih baik. :)

Jadi, sistemnya, tuh, ketika kita tap in di stasiun awal keberangkatan saldo otomatis terpotong Rp13.000, tapi nanti kelebihan sisa saldo akan dikembalikan ketika tap out di stasiun tujuan. Misal, kita berangkat dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Bogor, itu kan tarifnya Rp6.000. Ketika tap di gate masuk Stasiun Tanah Abang saldo kita berkurang sebesar Rp13.000. Begitu sampai di Stasiun Bogor tap di gate keluar, kelebihan saldo sebesar sebesar Rp7.000 akan masuk lagi ke saldo LinkAja kita.

Ilustrasi: Website LinkAja

Ilustrasi: Website LinkAja



Makin mudah makin senang jalan-jalan naik KRL. :)

1 comments :

kalau saya seringnya pakai buat isi pulsa, nungguin awal bulan biasanya ada promo atau buat beli token pas ada cashback :)


Emoticon Emoticon