Tuesday, January 31, 2023

Definisi Ucapan adalah Doa

Mungkin satu atau dua tahun yang lalu gue pernah berucap gini, "Kalau seandainya ada rezeki diangkat ASN, gue pengen pensiun (berhenti) nge-job." Itu di saat usia makin bertambah dan ngerasa udah capek banget fisik gue kalo harus ngehonor ngajar nyambi nge-job

Mundur lagi ke belakang, gue udah tiga kali ikut tes CPNS yang hasilnya nihil. Di tes yang ketiga dan tetap menemui kegagalan lagi gue kecewa banget terlebih usia saat itu udah 31, mepet banget lah seandainya mau ikut tes CPNS yang gak tau lagi adanya berapa tahun kemudian. 

Gue kecewa, gue marah, gue nangis, dan sempet mempertanyakan kepada Tuhan, "Ibadah saya selama ini fungsinya apa?" "Doa-doa saya? Gak bisa banget dikabulin apa?"

Tapi, di satu sisi job gue stabil dan relatif ada peningkatan. Pernah banget di musim orang nikahan, sebulan gue bisa ngegarap 20 sampai 25-an job. Tuhan Maha Adil, ya, di saat kecewa dengan satu hal, Dia bungahkan dengan hal lain. Bener-bener kayak udah gak kepikiran lagi kalo gue baru aja kecewa sama Tuhan, sama jalan hidup gue juga. Sesibuk itu dari weekday, weekend, pagi, siang, malem. Tiap hari hampir selalu begadang tidur jam 2 pagi nyelesein editan. 

Gue sangat mengandalkan pendapatan dari photo-video wedding. Sampe gue mikir, "Oh, mungkin jalan gue emang di sini kali, ya? Di dunia per-wedding-an. Kalo emang iya, semoga rezekinya ada terus, dikasih jalan supaya bisa beli peralatan yang lebih proper dan bisa ngembangin usaha ini."

Baru aja gue punya semangat dan keyakinan bahwa 'jalan gue emang di sini'. Daasss!!! Beberapa bulan kemudian ada bencana Covid-19. Pemberlakuan PSBB, PPKM, dan sebagainya. Blas! Gak ada orang nikah. Gak ada job. Sekali pun ada yang nekat menggelar pernikahan di tengah badai corona, hanya ada satu atau dua per tiga bulan dan itu pun cuma sebatas akad yang otomatis bayaran gak full. Yang pasti gue ikut kena imbas dari musibah Covid-19 itu. 

Ada istilah badai pasti berlalu itu benar adanya. Pertengahan 2021 udah nampak terang, pembatasan-pembatasan udah mulai agak longgar. Job satu per satu mulai berdatangan. Mulai menata kehidupan lagi. Fix gue mau jalanin (usaha) ini dengan serius. Terlebih beberapa gear-nya udah upgrade. Entah yang mana yang jadi kerjaan sambilan, apakah mengajar atau nge-job? Yang pasti gue jalanin aja semuanya tapi sambil nangis. Canda.

Meme dapet nyomot dari twitnya anak presiden

Rezeki enggak ke mana, akhir 2021 dibuka tes CASN PPPK. Walaupun peluang lolosnya lebih tinggi, tapi gue udah terlanjur kecewa karena pernah gagal tiga kali. Gue udah se-hopeless itu. Ikut, ya, ikut. Tapi, gak menaruh lagi ekspektasi yang gimana-gimana. Sampe-sampe, doanya diubah. Sebelumnya, doa gue hanya fokus supaya gue lolos, gue lolos, gue lolos. Tapi sekarang (semenjak kegagalan itu), doa gue cuma satu, 'berikan yang menurut Tuhan baik'. Udah. Apapun. Bakal gue jalanin dengan baik juga.

Usaha lagi jalan, hampir tiap weekend ada job, ya, gue santai walaupun badan terbantai. Ceile. Weekday ngajar, weekend nge-job. Pagi ngajar, siang-sore sampe subuhnya ngedit. Yang awalnya enjoy lama-kelamaan ngerasa capek banget. Fisik udah gak sama kayak waktu umur 20-an. Gue kayak yang butuh istirahat. Makin ke sini tiap abis nge-job pasti langsung ngedrop. Usia tidak bisa menipu. Sampe gue mikir, apa gue bakalan kayak gini terus sampe tua? Sedangkan baru kepala tiga aja udah berasa terkuras energinya kerja angkat-angkat kamera.

Lalu kepikiran sama tes CASN PPPK yang baru gue lalui dan tinggal nunggu pengumuman. Akhirnya terucap, "Kalau seandainya ada rezeki gue lolos dan diangkat ASN, gue pengen pensiun (berhenti) nge-job. Tapi, kalau gagal lagi itu tandanya gue kudu nyetok koyo banyak-banyak biar tetep kuat angkat kamera buat badan yang mulai menjompo ini."

Tak dinyana akhirnya gue lolos kali ini. Tahun 2022 menyandang status CASN, di akhir tahun sah menjadi ASN PPPK, dan awal tahun ini (2023) merasakan juga gaji pertama. Alhamdulillah.
Dan ajaibnya ada istilah 'ucapan adalah doa' itu mungkin ada benarnya. Semenjak gue berucap kata-kata itu, mulai dari awal Januari ini gue gak ada job masuk satu pun. Itu artinya gue udah gak nge-job lagi per bulan Januari sampai entah. Untuk bulan depan pun tidak ada tanda-tanda ada yang booking. Entah harus senang atau sedih, tapi yang pasti seneng banget. Terlebih mengajar adalah pekerjaan di mana gue gak pernah ngerasain yang namanya jenuh atau capek yang berlebihan secara fisik. MENTAL IYA. Hahaha.

Gimana pun, pekerjaan gue sebagai kameramen (2007) udah lebih dulu dijalanin ketimbang ngajar (2009). Baru nyusul sebagai editor di tahun 2017. Yang bisa gue lepas pelan-pelan saat ini mungkin sebagai kameramen lepas (freelance) yang turun ke lapangan langsung di mana butuh tenaga yang lebih banyak daripada editor yang bisa gue kerjain sambil sesekali rebahan. Sebagai editor masih ngerjain untuk vendor yang punya kakak sendiri. Selebihnya mau fokus mengajar dan menikmati hidup.

Meski terlalu telat untuk memulai sesuatu yang seharusnya bisa lebih cepat didapat, tapi Tuhan Maha Tahu tau kapan waktu yang tepat untuk mengabulkan doa hambaNya yang suka sambat. 

Hehe.


No comments:

Post a Comment