Cara Edit Background Foto

Ini pengetahuan baru yang baru ajh gw dapet. Abis dapet tutorial kilat dari my brother cara edit (warna) background foto yang kontras dengan (warna) objek fotonya. Karena di laptop adanya aplikasi Adobe Photoshop CS3, ya pake yang ada ajh ^_^
Ini contoh hasil editan gw :D
Yang ini juga. Gak seberapa sih emang :D
Pertama, buka aplikasinya dan pilih foto yang akan diedit. Kalau sudah, lihat ke pojok kanan bawah. Di situ ada tulisan Background, klik kanan pilih Duplicate Layer.
Akan muncul seperti di bawah ini, klik Oke.
Setelah mengklik Oke, akan muncul layer baru Background copy. Apabila sudah muncul layer baru tersebut, klik layer Background. Pastikan layer tersebut sudah diklik dan berwarna biru seperti di bawah ini.
Kemudian klik ikon mata di sebelah kiri. Agar ikon tersebut tidak ada.
Setelah ikon mata tersebut tidak ada, klik Background copy yang berada di atasnya. Pastikan sudah klik dan berwarna biru seperti di bawah ini.
Kemudian klik Eraser Tool yang berada di sebelah kiri.
Silakan klik Brush yang berada di atas untuk opsi ukuran diameternya.
Setelah dipilih ukuran diameternya, silakan hapus (klik + drag) bagian yang ingin dihapus (untuk menentukan bagian mana yang akan dibedakan warna backgroundnya) pada fotonya.
Ini contoh setelah selesai proses penghapusan.
Setelah selesai proses penghapusan seperti gambar di atas, kemudian klik Background dan munculkan kembali ikon mata dengan cara mengkliknya. Pastikan ikon tersebut muncul dan berwarna biru seperti gambar di bawah ini.
Klik Image, Adjustments, Black & White. Ini hanya contoh yang akan diedit menjadi efek hitam putih. Silakan edit warna dengan kreasi yang lain.
Lakukan balancing warnanya. Kemudian klik Oke.
Apabila sudah selesai, silakan simpan hasil editannya. Klik Save as (atau Save).
Pilih format penyimpanan. Kemudian Save.

Setelah itu akan muncul perintah seperti di bawah ini. Silakan klik Oke atau terlebih dahulu jika ingin merubah Quality nya tinggal klik saja.
Selesai.

Sekian dan terima kasih. Semoga pengetahuan yang 'gak' seberapa ini bisa bermanfaat :D

*Oh iya! Gak sadar, ternyata pas intinya dari tutorial ini gw pakenya bahasa baku. Hehehe
Yauda lah gak usah dibahas, orang udah pamit geh!
















Emoticon Emoticon