Cara 'Ngakalin' Promo di Traveloka

Sekarang ini PT KAI lagi gencar-gencarnya promosiin salah satu moda transportasi darat andalan mereka, ya, apalagi kalau bukan kereta api. Di Twitter sering gue liat hashtag #AyoNaikKeretaApi seliweran di linimasa. Tapi, entah kenapa gue gak pernah tertarik untuk naik kereta api, terutama untuk perjalanan jarak jauh. Gue udah ngebayangin bakalan bete setengah mati berada di dalam kereta berjam-jam. Soalnya pengalaman naik kereta api paling jauh cuma dari Stasiun Serang ke Stasiun Jatinegara, Jakarta.

Sampai suatu ketika si kawan nge-WhatsApp, "Liburan ke Jogja, yuk! Tapi naik kereta aja biar murah!" Jelas lah gue agak gimana gitu dengernya. Tapi si kawan ini coba ngeyakinin kalo naik kereta itu gak sesuram yang gue bayangin. Terus karena gue pikir belum punya rencana ke mana-mana akhirnya gue bilang oke lah. Tapi, dengan satu syarat (gue bilang ke si kawan); "Beli tiketnya talangin dulu," cekikikan dalam hati.

Pergi lah kami ke Jogja bulan Juli kemaren. Dari pengalaman itu, sepertinya gue nagih naik kereta api. Udah tiketnya lebih murah, ternyata bener kata si kawan, gak sesuram yang gue bayangin, ahelah. Brb, gue install aplikasi yang disediakan oleh PT KAI untuk pemesanan tiket online, KAI Access namanya. Uanjirlah! Pas iseng gue liat list harganya bikin ngiler. Tanpa pikir panjang, persiapan untuk liburan sekolah bulan Desember gue coba booking tiket ke Malang, untuk kelas ekonomi harganya cuma Rp 109.000, pun dengan harga tiket kepulangan, sama harganya segitu. Makin semangat, dong, gue untuk melanjutkan proses pemesanannya. 

Udah isi data diri, isi tanggal keberangkatan dan kepulangan, pilih seat segala macem, langkah terakhir adalah proses pembayaran. Udah excited banget tuh gue. Begitu klik "Proses Pembayaran..."
SILAKAN ISI NOMOR KARTU KREDIT ANDA. Anjay! Gue tuh paling sebel kalo beli atau booking sesuatu via online, pembayarannya pake kartu kredit. Ngeselin. Gak jadi booking, lah akhirnya.

Gue pikir zaman now gak ada yang gak mungkin. Pelarian gue ke Traveloka, soalnya udah pernah booking hotel di situ. Alasan awal gue gak langsung nyari di Traveloka tuh karena gue pikir kalo booking dari website KAI-nya langsung akan lebih mudah dan murah. Ternyata bagi kaum tak berkartu kredit macam gue, itu gak berlaku.
Emang, sih, harga Rp 109.000 itu sudah termasuk paling murah, pergi-pulang cuma Rp 218.000. Tapi, ya itu kendala di cara pembayarannya.

Sedangkan di Traveloka, selain pembayarannya lebih fleksibel, bisa melalui transfer ATM atau bayar di minimarket, juga ada promo setiap hari.  Kampret banget gak tuh Traveloka kasih promo tiap hari dan gak banyak cincong.

Akhirnya gue coba pesan di Traveloka dengan jadwal yang sama kayak tadi. Harganya pun sama kereta tujuan Ps. Senen - Malang, Malang - Ps. Senen Rp 218.000. Bedanya, kalau di Traveloka, harga segitu masih bisa dapet potongan Rp 25.000 kalau kita masukin kode promonya! Wuih! Kampret banget gak tuh enaknya.

Singkat cerita, gue saattt-seettt isi biodata diri, masukin kode promonya, tertera jumlah nominal yang harus dibayar Rp 218.000 dikurangi promo Rp 25.000, yang harus dibayar cuma Rp 193.000. Lumayan, kan?

Eits! Tapi gue mengurungkan niat booking-nya. Gue cancel. Loh, kok?
Ya! Gue mau licik sedikit! Hari itu gue pesan tiket kereta untuk keberangkatannya dulu. Jadi gini... jadi gini... Sini gue kasih tips biar harga yang udah murah tadi bisa lebih murah lagi.

Pertama, gue pesan tiket keberangkatannya dulu. Dari harga yang tertera Rp 109.000, masukkan kode promonya, otomatis akan berkurang Rp 25.000. Jadi harga yang dibayarkan cukup Rp 92.000 seperti yang tertera pada screenshoot di bawah.


Baru esok harinya gue pesan lagi tiket pulangnya. Kayak di bawah ini. Kenapa harus keesokan harinya? Karena kode promo berlaku untuk satu pemesanan yang sama dalam satu hari tersebut cuma satu kali. Gpp lah usaha sedikit lebih keras cerdas.


Nah, jadinya harga tiket pergi-pulang Jakarta - Malang cuma Rp 184.000. Ahaaiii ... cerdas bersahaja. Wkwkwk


*fyi
gue booking tiketnya waktu bulan September, saat itu;
- aplikasi KAI belum sefleksibel sekarang yang bisa menerima pembayaran lewat ATM dan minimarket. Sekalipun begitu, kayaknya mending pesan via Traveloka, sih, lumayan promonya;
- untuk promo kereta di Traveloka cuma Rp 25.000, tapi untuk yang sekarang sih gue liat makin gede promonya Rp 30.000. ajib! 


3 comments

Hahahaa.. sangat cerdas dan cerdik. Bakal pakai cara ini, deh, nanti. Btw, monggo mampir ke blog saya kali2 bisa saling sharing juga. Salam :) sadawayans.com

👍😘kepake jugaa ya ilmu accountingnya wkwkkw,good.


Emoticon Emoticon